Dinamika Pendidikan Kristen pada Pembelajaran Online

Simpatisan atau Partisipan?

Authors

  • Johanes Waldes Hasugian Sekolah Tinggi Teologi Sumatera Utara

Keywords:

Christian education; participatory learning; covid-19 pandemic; technology; Internet of Things;, Pendidikan Kristen; pembelajaran partisipatif; pandemi covid-19; teknologi; internet of things

Abstract

The world of education, including Christian religious education, has had a major impact on its praxis. Dependence on technology products, the internet of things opens up a new paradigm and changes the pattern of learning that previously took place face-to-face to online and offline, to hybrid learning. In that process, learners are often overlooked for their existence and participation in learning. Teacher dominance does not provide freedom for learners to get involved so that the learning experience gained is purely resourceful and ignores the affection and psychomotor aspects that should be presented in the classroom. This study aims to describe the transformative efforts of Christian education by offering a participatory learning model when the COVID-19 pandemic hit. With descriptive-analytical qualitative research methods, this paper analyzes and describes Christian educational thinking as an effort to change lives holistically, by emphasizing the participation of learners in learning. In that exploration of learning participation, Iris Cully's thinking or dialectics became the way to find a participatory model of Christian education, which passed through contexts including the covid-19 pandemic. Research has found that Christian educational participation can be built with conversation and discussion as well as with the form of art activities as a medium of participation. However, Christian education should not rely heavily on technology and technology as tools to help pak's work. Participatory learning models can be modified integratively by utilizing technology or the internet of things.

Abstrak
Dunia pendidikan, termasuk pendidikan agama Kristen mengalami dampak yang besar dalam praksisnya. Ketergantungan pada produk teknologi, internet of things membuka paradigma baru dan mengubah pola pembelajaran yang sebelumnya berlangsung tatap muka menjadi daring dan luring, hingga hybrid learning. Dalam proses itu, peserta didik sering terabaikan eksistensi dan partisipasinya dalam pembelajaran. Dominasi guru tidak memberikan kebebasan bagi peserta didik untuk ikut terlibat sehingga pengalaman belajar yang diperoleh bersifat pemupukan akal semata dan mengabaikan aspek afeksi dan psikomotorik yang seharusnya dihadikan di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya transformatif pendidikan Kristen dengan menawarkan model pembelajaran partisipatif tatkala pandemi covid-19 melanda. Dengan metode penelitian kualitatif deskriptif-analitis, tulisan ini menganalisis dan menggambarkan pemikiran pendidikan Kristen sebagai upaya mengubah kehidupan secara holistik, dengan menekankan partisipasi peserta didik dalam pembelajaran. Dalam eksplorasi tentang partisipasi belajar itu, pemikiran atau dialektika Iris Cully menjadi jalan untuk menemukan model pendidikan Kristen yang partisipatif, yang melewati konteks termasuk pandemi covid-19. Penelitian menemukan bahwa partisipasi pendidikan Kristen dapat dibangun dengan percakapan dan diskusi serta dengan bentuk kegiatan seni sebagai media partisipasi. Namun, pendidikan Kristen tidak semestinya bergantung penuh pada teknologi dan teknologi sebagai alat menolong pekerjaan PAK. Model pembelajaran partisipatif dapat dimodifikasi secara integratif dengan pemanfaatan teknologi atau internet of things.

References

Bakri, Muhammad Amin. “Studi Awal Implementasi Internet Of Things Pada Bidang Pendidikan.” JREC (Journal of Electrical and Electronics) 4, no. 1 (2016): 18–23.

Creswell, John W. Research Design, Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif Dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Vol. 3, 2013.

Cully, Iris V. Dinamika Pendidikan Kristen. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2012.

Ernayanti, Ni Wayan, Desak Made Citrawathi, and I Wayan Sukra Warpala. “Pengaruh Model Pembelajaran Partisipatif Dan Model Pembelajaran Konvensional Terhadap Hasil Belajar.” Jurnal Pendidikan Biologi undiksha 3, no. 2 (2016).

Hardyanto, R Hafid. “Konsep Internet Of Things Pada Pembelajaran Berbasis Web.” Jurnal Dinamika Informatika 6, no. 1 (2017): 87–97.

Hidayat, Dayat. “Strategi Pembelajaran Partisipatif Dalam Meningkatkan Hasil Program Pendidikan Nonformal Di Kabupaten Karawang.” Journal of Nonformal Education 2, no. 1 (2016).

Karoma, Rina Chasna, Retita Isromolasari, Siti Warsini, Wiyarni Wiyarni, and Ananda Fatimatuzzahra. “Pembelajaran Kooperatif Partisipatif Melalui Permainan Untuk Mengembangkan Sosial Anak.” In PROSIDING SEMINAR NASIONAL LPPM UMP, 687–690, 2019.

Kisworo, Bagus, Ilyas Ilyas, and Hendra Dedi Kriswanto. “Model Pembelajaran Partisipatif Melalui Teknik Pendampingan Terhadap Tugas Diskusi Kelompok Mahasiswa Dalam Membentuk Karakter Santun Berdiskusi.” Journal of Nonformal Education 2, no. 1 (2016).

Qiptiyah, Titin Mariatul. “Manajemen Pembelajaran Pakem (Partisipatif, Aktif, Kreatif, Efektif Dan Menyenangkan).” Al Qodiri: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Keagamaan 17, no. 2 (2019): 127–140.

Roffiq, Ainoer, Ikhwanul Qiram, and Gatut Rubiono. “Media Musik Dan Lagu Pada Proses Pembelajaran.” JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia) 2, no. 2 (2017): 35–40.

Sari, Novita, Ade Kusmana, and Eko Kuntarto. “Strategi Menangani Kesulitan Menulis (Disgrafia) Melalui Pembelajaran Partisipatif Di Sekolah.” GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2, no. 1 (2020): 56–63.

Sulistyanto, Muhammad Priyono Tri, Danang Aditya Nugraha, Nurfatika Sari, Novita Karima, and Wahid Asrori. “Implementasi IoT (Internet of Things) Dalam Pembelajaran Di Universitas Kanjuruhan Malang.” Smartics Journal 1, no. 1 (2015): 20–23.

Syamsi, Ibnu. “Metode Pembelajaran Partisipatif Untuk Penyelenggaraan Program Pendidikan Non Formal Dalam Masyarakat.” Majalah Ilmiah Pembelajaran 6, no. 2 (2009).

Tafonao, Talizaro, and Rita Evimalinda. “Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Di Era Society 5.0.” SHAMAYIM: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristiani 2, no. 1 (2021): 62–74.

Yuliana, Rina, Isah Cahyani, and Andoyo Sastomiharjo. “Penerapan Strategi Partisipatif Melalui Media Gambar Denah Dan Kartu Pancing Foto Dalam Pembelajaran Pemahaman Konsep Dan Berbicara Siswa Sekolah Dasar.” JPsd (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) 1, no. 2 (2015): 98–108.

Downloads

Published

2023-06-04

How to Cite

Hasugian, J. W. (2023). Dinamika Pendidikan Kristen pada Pembelajaran Online: Simpatisan atau Partisipan?. Journal of Theology and Indonesian Christianity, 1(1), 37–43. Retrieved from http://jurnalpersetia.id/index.php/jic/article/view/5

Issue

Section

Articles