Model Pendampingan Konseling Komunitas PEARL dalam Menangani Siswa Bermasalah di Sekolah
Sebuah Studi Kasus pada Siswa SMP Kristen 4 Salatiga
Keywords:
PEARL community counseling; counseling assistance model; SMP Kristen 4 Salatiga; konseling komunitas PEARL; model pendampingan konselingAbstract
The existence of counseling support models carried out by the PEARL community significantly influences the character change of every SMP Kristen 4 Salatiga student. The problems faced by students include spiritual, social, and academic issues. Based on the urgency mentioned above, the author researched the PEARL community support model in dealing with troubled students at SMP Kristen 4 Salatiga. The aim is to build students' character, spirituality, and emotional intelligence. The PEARL community's support assists students' physical and spiritual needs. This approach uses a qualitative approach to describe events in the counseling support model in dealing with troubled students. The data collection techniques used are interviews and field observations. The results of the PEARL community support model in dealing with troubled students at SMP Kristen 4 Salatiga are that students grow spiritually and physically and are motivated to fulfill their duties and responsibilities as students. Additionally, students at SMP Kristen 4 Salatiga no longer engage in bullying and use electronic devices properly.
Abstrak
Adanya model pendampingan konseling yang dilakukan oleh komunitas PEARL memiliki pengaruh penting dalam perubahan karakter dari setiap siswa di SMP Kristen 4 Salatiga. Adapun permasalah yang dihadapi siswa yaitu, masalah spiritual, sosial dan akademik. Berangkat dari urgensi di atas maka penulis meneliti model pendampingan komunitas PEARL dalam menangani siswa bemasalah di SMP Kristen 4 Salatiga. Dengan tujuan untuk membangun karakter siswa, sprititual, dan kecerdasan emosi-onal. Dengan adalanya pendampinga komunitas PEARL menolong dapat siswa kebutuhan siswa baik secara jasmani maupun secara rohani. Pendekatan ini menggunakan pendekatan kualitatif berupaya untuk menggambarkan suatu kejadian yang terjadi pada model pendampingan konseling dalam menangani siswa bermasalah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Teknik wawancara dan obsevasi lapangan. Hasil dari model pendampingan komunitas PEARL dalam menagani siswa bermasalah di SMP Kristen 4 Salatiga adalah mahasiswa bertumbuh secara rohani dan jasmani dan siswa tersebut memiliki motivasi untuk melakukan tugas dan tanggungjawabnya sebagai siswa, kemu-dian siswa di SMP Kristen 4 Salatiga tidak lagi melakukan perundungan dan mempergunakan gawai dengan benar.
References
Adela, Dhea. Buku Ajar Filsafat Pendidikan,. Jawa Barat: Nusaputra Press, 2021.
Andi. Panduan Untuk Memahami Dunia Remaja Dengan Segala Pemasalahan Dan Solusinya,. Yogyakarta: Anggota IKAPI, 2015.
Artawan, Putu dkk. Pengantar Ilmu Pendidikan, Teori, Konsep Dan Aplikasinya Di Indonesia,. Jambi: Anggota IKAPI, 2023.
Bahri, Syaiful. Psikologi Belajar,. Jakarta,: PT Rineka Cipta, 2015.
Clinebell, Howard. Tipe-Tipe Dasar Pendampingan Dan Konseling Pastoral,. Yogyakarta: Kanisius, 2022.
Gainau, Maryam B. Perkembangan Remaja Dan Problematikanya,. Yogyakarta: Kanisius, 2012.
Gunarsa, Singgih D. Konseling Dan Psikoterapi,. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2009.
Gainau, Markus S. Pendidikan Agama Kristen (PAK) Remaja,. Yogyakarta: Anggota IKAPI, 2021.
Kadir, Abdul. Dasar-Dasar Pendidikan,. Jakarta: Prenamedia Group, 2015.
Mahmudi, H. Ilmu Pendidikan Mengupas Komponen Pendidikan,. Yogyakarta: CV Budi Utama, 2022.
Moleong, Lexy J. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 1989.
Mulyasa, E. “Menjadi Pegawai Profesional.” Jakarta: Remaja Rosda Karya (2007).
Nazir, Mohammad. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia, 1988.
Octavia, Shilphy A. Motivasi Belajar Dalam Perkembangan Remaja,. Yogyakarta: CV Budi Utama, 2012.
Ronda, Daniel. Pengantar Konseling Pastoral, Teori Dan Kasus Praktis Dalam Jemaat. Bandung: Anggota IKAPI, 2015.
Susanto, Ahmad. Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah, Konsep, Teori Dan Aplikasinya,. Jakarta: Premadia Group, 2018.
Triwiyanti, Teguh. Pengantar Pendidikan,. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2014.
Van Beek, Aart. Pendampingan Pastoral, Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2017.